Juni 06, 2008

1..2..3..4..5 Jadilah Tulisan

Menulis itu sungguh gampang. Kalo anda masih tak percaya, silakan simak dan praktekkan proses penulisan di bawah ini. Dijamin dengan mudah anda bisa menulis efektif dan cepat.

Pedoman ini bisa digunakan untuk penulisan fiksi maupun non-fiksi. kalau ingin lebih mendalami penulisan artikel opini, baca juga 7 Jurus kilat Menulis artikel opini.

  1. Tentukan tema atau topik tulisan. Dengan menentukan terlebih dahulu apa yang akan anda tulis, anda jadi punya panduan. Kalau tidak,biasanya ketika mulai akan menulis anda jadi terbentur dengan kebingungan apa yang akan ditulis. "Saya nulis apa ya?" begitu biasanya yang terlontar. Nah biar tidak bingung, anda tentukan dulu apa yang mau ditulis. dan sebaiknya tentang hal yang anda kuasai. Kalau anda suka musik, tulislah tentang musik. kalau suka hiking, buatlah tulisan penjelajahan anda selama ini. Gampang kan?
  2. Buat riset kecil-kecilan. Biar anda lebih siap saat menulis, anda tentu perlu lebih tahu tentang segala hal yang terkait dengan apa yang akan ditulis. Untk itu, sangat baik kalau anda lakukan riset kecil-kecilan. jangan takut dulu mendengar kata riset? jangan bayangkan kepala-kepala botak para profesor yang suka melakukan riset. Kepala anda tak perlu ikut botak untuk melakukan riset sederhana ini. anda cukup membaca apa saja yang terkait dengan "calon" tulisan anda. serta jangan lupa mencatat bahan yang anda perlukan. Kliping juga sangat baik dilakukan. Letakkan data-data itu dalam satu tempat, agar lebih mudah saat mencarinya.
  3. Susun kerangka atau outline. Langkah ini sangat baik dilakukan terutama oleh penulis pemula. Sehingga sejak awal anda sudah punya "rel" penulisan yang akan dilewati. Tujuannya agar alur tulisan anda enak disimak dan tidak mbulet. Outline/kerangka berisi garis besar tulisan anda. Misal, kalau anda berniat bikin buku, outline bisa untuk setiap bab. Dan dalam setiap bab terdapat rincian apa saja yang akan ditulis.
  4. Langsung tulis. Tak perlu tunggu mood atau ilham, langsung tulis saja. Inilah saatnya anda beraksi. Tulislah berdasar outline yang sudah dibuat. namun bila saat penulisan, anda rasa ada outline yang perlu diubah, jangan ragu melakukannya. Tak perlu terlalu kaku dengan outline yang anda buat. yang penting tulisan anda mudah disimak pembaca dan tidak membingungkan.Kalau yang anda tulis cukup panjang, misal buku, baik pula anda atur jadwal harian serta tetapkan target penyelesaian. Dengan begitu, ada deadline yang akan memacu anda untuk merampungkan tulisan.
  5. Review tulisan Anda. Setelah selesai menulis, tak perlu terburu-buru mengirimkannya ke media massa atau penerbit. Baca lagi tulisan anda. Lakukan perbaikan bila dirasa perlu, baik segibahasa maupun struktur penulisan. Namun jangan pula terlalu lama. Cukup maksimal tiga kali pembacaan ulang. Dan selanjutnya langsung kirim saja. Dan tinggal anda pantau hasilnya.

Lima langkah di atas akan sangat membantu anda saat mengalami proses penulisan. Praktikkan segera dan anda akan menikmati dan menyadari kalau menulis itu gampang banget!

Read more...

3 komentar:

  1. Wah panduannya lengkap dan mudah dimengerti. Terima kasih banyak atas sharingnya Mas. Maklum sudah lama tidak mendapat pelajaran tentang bahasa indonesia. Jadi selama ini kalau menulis tidak terlalu sistematis. Sekalian salam kenal dari saya.

    BalasHapus
  2. 1. Hi. Plong sudah rasanya setelah bisa kunjungi balik blog Anda. Maaf baru sekarang bales komentarnya, maklum masih gaptek.
    2. Panduan yang Anda buat mudah dimengerti dan inspiratif. Terima kasih. Kayaknya, kalau nanti isi blog masing2 dirasa udah penuh, udah matang, bisa langsung jadi draft buku, ya?
    3. Mengenai ajakan Anda, saya welcome sekali. Saya sekarang ini pelan2 ingin mempelajari gimana cara bikin format di blogspot ini yang bisa terjadi dialog interaktif di antara sesama pengunjung web tentang topik2 yang saya sajikan, di samping peserta dialog "imajiner" yaitu para kolumnis/esais (yang sedang saya lengkapi dari cuplikan koran/buku, cuman masih kebentur agak gaptek di urusan link-melinknya. Format di Akal dan Kehendak - yang Anda sarankan kunjungi - bagus juga itu. Ada saran lain?
    Tks. Salam. (yra/bdg)

    BalasHapus
  3. wah tips yang keren dan mudah dimengerti. Aku juga suka nulis, apalagi di blog. lam kenal aja ya...

    BalasHapus

Ayo menulis untuk kemajuan bangsa ini. Saya tunggu komentar anda... :-)

Web Hosting