April 23, 2008

7 Langkah Cepat Menulis Artikel

Artikel di media massa itu setidaknya harus:

  1. Aktual: hangat, sedang ramai diomongkan khalayak.
  2. Sistematis: runtut, pemilihan data dan masalah tepat,
  3. Signifikan: berefek terhadap pembaca
  4. Orisinal: ada ide segar
  5. Bahasa: ilmiah popular, ringkas, padat, enak dibaca, dan mudah dipahami.
Membuat artikel yang menarik tidak sulit. Langkah-langkah berikut bisa dicoba:
  1. Pilih Tema. Awalnya, tentu harus memiliki rencana artikel yang akan ditulis. Pilih satu tema. Bebas. Bisa tentang lingkungan, politik, ekonomi, atau yang lain. Lebih baik jika sesuai dengan bidang keilmuan yang dipahami.
  2. Sempitkan Tema. Kajilah tema yang sudah dipilih. Sempitkan pembahasan sehingga menjadi spesifik. Misalnya,berniat menulis bidang pendidikan. “Nasib pendidikan siswa korban gempa Yogya” dapat dijadikan pilihan. Juga bisa mengenai “Kontroversi Ujian Nasional”. Pilih angle (sudut pandang) penulisan. Pertimbangkan kembali yang akan ditulis. Tentunya, dengan mengacu ciri-ciri artikel di atas. Nah, jika oke, kita masuki deh tahap berikutnya.
  3. Mengail ide. Bagaimana mengail ide? Ada banyak cara. Cara paling mudah barangkali dengan membombardirtema yang sudah kita pilih dengan peluru-peluru pertanyaan (what, when, where, why, who,how). Agar tak mengawang-awang, tulislah. Bisa pada selembar kertas atau langsung pada layar komputer. Bisa juga ditambahkan fakta dan teori-teori. Tulislah semuanya terlebih dahulu.Biarkan mengalir.
  4. Kelompokkan. Kemudian, kelompokkan ide-ide, fakta, atau informasi yang sudah diperoleh ke dalam empat atau lima kelompok, atau lebih. Pengelompokkannya berdasarkan kesamaan tiap ide.
  5. Informasi Tambahan. Setelah mengelompok, ceklah. Pertimbangkan apakah diperlukan ide atau informasi tambahanbagi masing-masing kelompok ide.
  6. Urutkan. Selanjutnya, pertimbangkan kelompok mana yang layak ditempatkan di bagian pembuka, pembahasan, dan penutup.
  7. Tulislah. Ya, sesuai dengan outline yang sudah di-bikin, mulailah menulis sampai akhir. Eksplorasi tiap ide. Kembangkan. Pertajam tulisan. Jaga hubungan antar paragraph agar tetap nyambung.Apa harus terpaku dengan outline? Tidak juga. Kalau dalam proses penulisan, dirasa ada yang perlu dikurangi atau ditambahi, itu tidak jadi soal. Yang penting, tetaplah fokus dengan angle yang sudah dipilih.
Akhirnya, ya selamat mencoba!

Read more...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo menulis untuk kemajuan bangsa ini. Saya tunggu komentar anda... :-)

Web Hosting