Mei 03, 2008

Menulis Itu Tidak Gampang, Tapi Gampang Banget!

Seperti kata judul di atas, menulis memang bukan aktivitas yang sukar, tapi bahkan gampang banget!

Anda pasti mengira saya mengada-ada. Tapi kenyatannya memang begitu. Tak ada yang sukar dalam menulis. Seperti halnya bercakap-cakap, menulis juga aktivitas keseharian yang sudah biasa kita lakukan. Dan karena itu anda semua pasti semua bisa melakukannya.

Tapi kok saya belum bisa?

Kalau ini yang terlontar, saya berani katakan kalau anda mengada-ada, bahkan (maaf) anda tengah membual. Boleh saya tanya apa yang membuat anda berpikir menulis sukar, sementara sejak kecil anda sudah diajarkan tulis-menulis.

Kalau anda jawab begini misalnya.
  1. "Buktinya saya tidak pernah menulis. Dan tidak ada tulisan saya yang dipublikasikan."
  2. "Saya sudah mencoba berkali-kali. Tapi otak saya serasa mampet tak tahu apa yang harus ditulis."
  3. "Saya punya banyak ide. Tapi tangan saya tak mampu bergerak untuk menuangkannya dalam kata per kata"
Semua alasan di atas saya kira banyak menimpa orang-orang seperti anda. Tapi sekali lagi itu tak akan mengubah pendrian saya bahwa MENULIS ITU GAMPANG BANGET. Karena saya yakin setiap manusia (termasuk anda juga kan?) sudah dikarunia kemampuan dasar ini.
Bercakap-cakap dan menulis adalah anugerah yang sudah diberkan Tuhan kepada setiap manusia. Termasuk ANDA tentunya!

Dan kalau anda masih menyimpan alasan-alasan di atas, saran saya segera buang jauh-jauh dari dalam diri anda. Karena alasan-alasan itulah yang selama ini membuat jari-jari anda kaku, otak anda tak bergerak, dan membuat kepercayaan diri anda tak tumbuh.

Setelah hambatan tadi anda singkirkan, selanjutnya anda tinggal gerakkan jari anda. Ketik atau tulis apa yang tengah anda pikirkan atau rasakan. Tuangkan semuanya dalam bentuk tulisan. Bisa tentang kemangkelan anda karena kemacetan yang semakin menjadi-jadi atau mungkin persoalan pribadi seperti baru saja ditinggal sang kekasih.

Tuangkan semuanya dalam bentuk tulisan. Segera gerakkan jari-jari anda. Biarkan ia menari di atas kertas atau di atas tut-tuts keyboard komputer. Tak usah toleh kanan-kiri. Abaikan sekitar anda. Yang anda lakukan saat ini hanya menulis.

Percayalah bila langkah ini anda lakukan, menulis sungguh gampang banget!

Read more...

1 komentar:

  1. Masa sih...
    Tapi bener juga sih, yang penting otak kita masih jalan, masih bisa mikirin sesuatu, maka kita pasti bisa menulis (kecuali yang buta huruf kali yaaa...). Bahkan yang ga punya jari or tangan pun masih bisa menulis dengan kecanggihan teknologi, kita bersuara biar komputer yang menulis..
    Saya dukung terus...
    edison_ae98@yahoo.com

    BalasHapus

Ayo menulis untuk kemajuan bangsa ini. Saya tunggu komentar anda... :-)

Web Hosting